Search

Apa Keuntungan Menggunakan Platform Bersama untuk Fintech?



Perkembangan di era digital yang sangat cepat menuntut layanan keuangan termasuk fintech menyediakan layanan berbasis digital. Dengan layanan digital yang maju diharapkan memudahkan aktivitas baik nasabah maupun penyedia layanan untuk berbagai proses transaksi.


Untuk mendukung upaya ke arah kemajuan seperti itu, Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil membangun platform bersama dalam verifikasi data NIK, KTP Elektronik dan foto wajah. Hal ini selaras dengan anjuran Otoritas Jasa Keuangan yang mendorong semua layanan keuangan menerapkan Electronic Know Your Customer (eKYC).


Platform bersama ini mewadahi banyak sector seperti bank, koperasi, rumah sakit, layanan keuangan dan perbankan dengan menggunakan data Dukcapil. Platform bersama ini digunakan untuk pemanfaatan verifikasi dengan data kependudukan.


Lalu, apa saja keuntungan yang didapat Fintech dalam menggunakan Platform Bersama Dukcapil? Simak penjelasan di bawah ini, supaya Anda dapat mengerti manfaat yang di dapat.


Verifikasi Nasabah dengan Cepat

Kecepatan menjadi hal penting dalam verifikasi nasabah sebagai bagian dari electronic Know Your Customer. Pemanfaatan yang optimal Platform Bersama oleh Fintech dapat memungkinkan verifikasi dilakukan dengan sangat cepat.


Nasabah atau pengguna layanan fintech tidak perlu lagi kerepotan untuk mempersiapkan dokumen-dokumen keperluan administratif.


Identifikasi Di Mana Saja

Pemanfaatan data kependudukan melalui Platform Bersama memungkinkan nasabah melakukan identifikasi dengan praktis karena bisa dilakukan di mana saja. Nasabah tidak perlu hadir secara fisik seperti yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya Ketika mengurus layanan keuangan.


Menurunkan Risiko Kecurangan

Akses ke data Dukcapil yang menyediakan informasi data kependudukan tentunya berdampak pada segi keamanan fintech. Diharapkan akses data mampu mencegah peminjaman fiktif sehingga dapat memajukan ekonomi masyarakat.


Pemanfaatan data pada Platform Bersama akan memberikan keterangan “sesuai” atau “tidak sesuai” pada registrasi calon nasabah setelah melengkapi rangkaian proses pengecekan data melalui teknologi.


Mempercepat Perkembangan Keuangan Digital

Kerjasama antara fintech dan Dukcapil membuat proses layanan keuangan menjadi cepat dan tetap aman. Optimalnya pelayanan yang diberikan akan membangun kepercayaan yang kuat dari masyarakat. Kepercayaan dan kenyamanan masyarakat dalam menggunakan layanan Fintech turut mempercepat adopsi budaya transaksi nontunai digital.


Memperkuat Peranan Fintech

Manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas tentunya memberikan pengalaman yang baik untuk kemajuan layanan fintech, khususnya di Indonesia. Masyarakat bisa merasakan pengalaman menggunakan layanan fintech yang aman sekaligus praktis.


Penggunaan Platform Bersama juga mendorong fintech kian berkembang sehingga bisa memperkuat peranannya di masyarakat dalam menyalurkan pinjaman ke masyarakat yang belum terakses lembaga jasa keuangan.


Seluruh penyelenggara layanan tidak akan bisa melihat seluruh data penduduk Indonesia. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, penyelenggara layanan dapat menggunakan bantuan pihak ketiga e-KYC untuk mencocokan data pengguna, seperti yang dilakukan oleh IdentifAI.


Lalu, bagaimana cara kerja pemanfaatan Platform Bersama yang dilakukan oleh IdentifAI? Anda bisa menyimaknya dalam uraian di bawah ini.


Pemanfaatan Platform Bersama oleh IdentifAI

Nodeflux menjadi salah satu operator Platform Bersama Dukcapil. Kerjasama ini dinyatakan dalam erjanjian Dukcapil No. 119/10842/DUKCAPIL. Validasi oleh IdentifAI Dukcapil memiliki tujuan untuk melakukan validasi identitas biometric wajah seseorang melalui basis data identitas nasional.


IdentifAi dapat melakukan validasi berkat teknologi mutakhir yang dikembangkannya dan kerjasama melalui perjanjian dengan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang mengawasi database identitas nasional.


Validasi oleh IdentifAi dengan pemanfaatan Platform Bersama memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah:

  • Verifikasi selfie dengan NIK yang dipasangkan. IdentifAI dapat mengecek kesamaan selfie dan NIK di Dukcapil untuk mengetahui apakah data itu milik orang yang sama atau berbeda.

  • Mampu Mendeteksi Gambar Berkualitas Rendah. IdentifAi dapat membantu pemeriksaan input kualitas gambar dari selfie untuk meminimalkan penolakan yang kelir.

  • Verifikasi wajah yang muat dengan atribut. IdentifAi memungkinkan dilakukan verifikasi wajah dengan atribut dan perbedaan usia tertentu.

Verifikasi yang dilakukan IdentifAI menggunakan verifikasi biometric wajah ke database Dukcapil. Proses dilakukan dengan berbagai tahapan yang sangat cepat memanfaatkan kemutakhiran teknologi.

  1. Pertama, nasabah fintech akan dimintai untuk mengambil selfie. Ini perlu sebagai data yang dibutuhkan dalam biometric wajah.

  2. Selanjutnya, data akan dikirim ke Dukcapil Gateway melalui IdentifAI.

  3. Mesin verifikasi pencocokan wajah IdentifAI yang mutakhir akan memvalidasi wajah yang dibandingkan

  4. IdentifAI memberikan hasil perbandingan wajah


Menggunakan identifikasi biometrik wajah, gambar wajah asli yang diambil akan dicocokan dengan wajah yang terdaftar di database. Sistem kemudian akan menghitung kemiripan antara dua citra wajah sebagai dasar autentikasi. Hal ini tentunya bermanfaat untuk meminimalkan potensi penipuan.


Demikian artikel mengenai keuntungan menggunakan Platform Bersama untuk Fintech. Rupanya banyak manfaat yang bisa didapat dalam penggunaan Platform Bersama, baik untuk penyelenggara layanan ataupun untuk nasabah sendiri.


Sangat penting untuk layanan penyelenggara keuangan seperti fintech mengetahui manfaat platform bersama Dukcapil dan memastikan penyedia mana yang berupaya menghadirkan solusi berbasis AI seperti IdentifAI. Apabila Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai IdentifAI dalam pemanfaatan platform bersama, Anda dapat mengklik tautan di sini.





8 views0 comments