Search

Apa Keuntungan Menggunakan Platform Bersama untuk Asuransi?


Perkembangan di era digital memaksa semua layanan termasuk industri keuangan non-bank seperti asuransi melakukan digitalisasi. Dengan layanan digital yang maju diharapkan memudahkan aktivitas baik nasabah maupun penyedia layanan untuk berbagai proses pelayanan.

Untuk mendukung upaya ke arah kemajuan seperti itu, Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah membuat suatu platform bersama untuk verifikasi data NIK, KTP Elektronik dan foto wajah.


Tentunya, hal tersebut selaras dengan anjuran Otoritas Jasa Keuangan yang mendorong semua layanan keuangan, termasuk industri asuransi menerapkan Electronic Know Your Customer (eKYC).


Selain industri asuransi, platform bersama dimanfaatkan untuk kemudahan akses layanan lain seperti perbankan, koperasi, rumah sakit, layanan keuangan dan perbankan dengan menggunakan data Dukcapil. Platform bersama dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk verifikasi data kependudukan.

Lalu, apa saja keuntungan yang didapat layanan asuransi dalam menggunakan Platform Bersama Dukcapil? Simak penjelasan di bawah ini, supaya Anda dapat mengerti manfaat yang di dapat.


1. Verifikasi Nasabah menjadi Jauh Lebih Cepat

Perusahaan asuransi dituntut untuk melakukan digitalisasi untuk efisiensi dan mampu bersaing dengan layanan lainnya. Electronic Know Your Customer telah memungkinkan hal tersebut.

Dengan eKYC, layanan asuransi dapat memberikan pelayanan yang mengutamakan kecepatan dalam verifikasi nasabah. Efisiensi waktu ini adalah bagian dari pemanfaatan yang optimal Platform Bersama oleh asuransi dapat memungkinkan verifikasi dilakukan dengan sangat cepat.

Nasabah atau pengguna layanan asuransi tidak perlu lagi kerepotan untuk mempersiapkan dokumen-dokumen keperluan administrative yang tidak jarang terlampau banyak dan berisiko hilang.


2. Pengendalian Risiko

Akses ke data Dukcapil yang menyediakan informasi data kependudukan tentunya berdampak pada segi keamanan asuransi. Melalui pemanfaatan platform bersama verifikasi atau penelusuran identifikasi nasabah dapat dilakukan. Tentunya, bagi nasabah sendiri hal ini memberikan perlindungan dan kepastian hukum atas keabsahan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil.


3. Database yang Bersifat Dinamis dan Selalu Update

Platform Bersama menggunakan database yang bersifat dinamis dan selalu update, Platform Bersama tidak menggunakan data mati yang berasal dari institusi lain. Hal ini dikarenakan data terkait kependudukan bersifat dinamis dan selalu berubah seiring dengan KTP yang dibuat itu sendiri. Banyak institusi lain yang menggunakan data mati atau tidak update.

Imbasnya, banyak nasabah yang mengalami kesulitan seperti verifikasi data yang salah hingga masih menggunakan data lama yang keabsahannya dipertanyakan. Tentu proses ini mengganggu kenyamanan nasabah. Hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan Platform Bersama yang memiliki database bersifat dinamis dan selalu update.


4. Mempercepat Perkembangan Keuangan Digital

Kerjasama dalam pemanfaatan platform bersama akan meningkatkan dan menciptakan penyelenggaraan usaha industri asuransi yang sehat dan transparan. Hal ini karena dapat meningkatkan kualitas pelayanan menjadi cepat namun tetap aman.

Selain itu, perkembangan teknologi telah menggeser industri konvensional menjadi berbasis digital, oleh karenanya dunia asuransi diharapkan menyediakan layanan digital yang dapat mempercepat digitalisasi di Indonesia. Kepercayaan dan kenyamanan masyarakat dalam menggunakan layanan asuransi turut mempercepat adopsi budaya transaksi nontunai digital.


5. Memperkuat Peranan Asuransi

Manfaat yang telah diuraikan di atas tentunya dapat memperkuat peran asuransi di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Masyarakat didorong merasakan pengalaman menggunakan layanan asuransi yang nyaman dan praktis.

Selain itu, pemanfaatan Data KTP elektronik dalam platform bersama ini kelak akan bermanfaat bagi pemerintah untuk mendata pertumbuhan penetrasi keuangan khususnya di industri asuransi.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, penyelenggara layanan dapat menggunakan bantuan pihak ketiga e-KYC untuk mencocokan data pengguna, seperti yang dilakukan oleh IdentifAI.

Lalu, bagaimana cara kerja pemanfaatan Platform Bersama yang dilakukan oleh IdentifAI? Anda bisa menyimaknya dalam uraian di bawah ini.


6. Pemanfaatan Platform Bersama oleh IdentifAI

Nodeflux menjadi salah satu operator Platform Bersama Dukcapil. Kerjasama ini dinyatakan dalam perjanjian Dukcapil No. 119/10842/DUKCAPIL. Validasi oleh IdentifAI Dukcapil memiliki tujuan untuk melakukan validasi identitas biometric wajah seseorang melalui basis data identitas nasional.

IdentifAI dapat melakukan validasi berkat teknologi mutakhir yang dikembangkannya dan kerjasama melalui perjanjian dengan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang mengawasi database identitas nasional.

Validasi oleh IdentifAI dengan pemanfaatan Platform Bersama memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah:

  • Verifikasi selfie dengan NIK yang dipasangkan. IdentifAI dapat mengecek kesamaan selfie dan NIK di Dukcapil untuk mengetahui apakah data itu milik orang yang sama atau berbeda.

  • Mampu Mendeteksi Gambar Berkualitas Rendah. IdentifAI dapat membantu pemeriksaan input kualitas gambar dari selfie untuk meminimalkan penolakan yang kelir.

  • Verifikasi wajah yang uat dengan atribut. IdentifAI memungkinkan dilakukan verifikasi wajah dengan atribut dan perbedaan usia tertentu.

Verifikasi yang dilakukan IdentifAI menggunakan verifikasi biometric wajah ke database Dukcapil. Proses dilakukan dengan berbagai tahapan yang sangat cepat memanfaatkan kemutakhiran teknologi.

  • Pertama, nasabah asuransi akan dimintai untuk mengambil selfie. Ini perlu sebagai data yang dibutuhkan dalam biometric wajah.

  • Selanjutnya, data akan dikirim ke Dukcapil Gateway melalui IdentifAI

  • Mesin verifikasi pencocokan wajah IdentifAI yang mutakhir akan memvalidasi wajah yang dibandingkan

  • IdentifAI memberikan hasil perbandingan wajah

Menggunakan identifikasi biometrik wajah, gambar wajah asli yang diambil akan dicocokan dengan wajah yang terdaftar di database. Sistem kemudian akan menghitung kemiripan antara dua citra wajah sebagai dasar autentikasi. Hal ini tentunya bermanfaat untuk meminimalkan potensi penipuan.

Setelah Anda membaca poin-poin yang menjadi keunggulan Platform Bersama untuk layanan asuransi, tentu Anda kini telah mengetahui banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Baik manfaat untuk nasabah atau manfaat untuk penyelenggara layanan asuransi itu sendiri.

Sangat penting untuk layanan penyelenggara keuangan seperti asuransi mengetahui manfaat platform bersama Dukcapil dan memastikan penyedia mana yang berupaya menghadirkan solusi berbasis AI, seperti contohnya IdentifAI. Apabila Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai IdentifAI dalam pemanfaatan platform bersama, Anda dapat mengklik tautan di sini.


23 views0 comments