Search

Apa itu Platform Bersama Dukcapil?



Di era digital seperti sekarang ini, industri perbankan dan penyedia layanan asuransi dituntut untuk menyediakan layanan berbasis digital yang mumpuni. Penyediaan layanan digital akan memudahkan nasabah untuk bisa terhubung dengan layanan perbankan atau layanan keuangan yang lainnya untuk bisa melakukan proses transaksi dengan nyaman.


Melihat potensi transaksi perbankan ke depan akan lebih banyak dilakukan secara daring, maka data kependudukan akan menjadi sesuatu yang penting dalam proses layanan.


Di Indonesia sendiri, Otoritas Jasa Keuangan mewajibkan kepada seluruh Lembaga perbankan untuk melakukan verifikasi, misalnya melalui electronic Know Your Customer (e-KYC) berbasis data kependudukan. Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama dalam pemanfaatan data dukcapil yang terdapat pada Platform Bersama Dukcapil


Platform Bersama Dukcapil untuk Kemudahan Verifikasi

Untuk memenuhi kebutuhan pemanfaatan data kependudukan dalam rangka kemajuan layanan keuangan yang semakin nyaman, Kementerian Dalam Negeri telah membuka kerjasama untuk pemanfaatan data kependudukan berupa platform yang bisa dimanfaatkan khususnya oleh penyedia layanan keuangan. Platform inilah yang disebut sebagai Platform Bersama Dukcapil.


Platform Bersama Dukcapil mewadahi layanan keuangan seperti perbankan, asuransi, fintech untuk dapat memanfaatkan data dukcapil untuk keperluan verifikasi. Kerjasama semacam ini nantinya membantu menunjang proses verifikasi e-KYC termasuk verifikasi NIK, KTP elektronik dan foto wajah.


Melalui pemanfaatan Platform Bersama, masyarakat awam tetap dijamin keamanannya karena platform bersama ini tidak memberikan data apapun, melainkan digunakan hanya untuk pemanfaatan verifikasi dengan data kependudukan. Secara sederhana, pada saat proses verifikasi dilakukan misalnya menggunakan face recognition, data yang keluar berupa cocok-tidak cocok, betul-tidak betul dan sama-tidak sama.


Platform Bersama Menjadi Wadah yang Legal

Perusahaan yang mendapatkan hak akses verifikasi data kependudukan adalah perusahaan yang telah mendapatkan izin untuk beroperasi dan tentunya mendapatkan rekomendasi tertulis dari lembaga negara yang berwenang yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tidak sembarang pihak bisa melakukan kerjasama untuk memanfaatkan Platform Bersama. Mereka yang belum memiliki izin dari OJK maka tidak bisa melakukan kerja sama untuk pemanfaatan verifikasi data dukcapil.


Setiap perusahaan yang bekerja sama juga wajib menjaga kerahasiaan data kependudukan. Perjanjian kerja sama menuangkan kewajiban untuk menjamin kerahasiaan, keutuhan dan kebenaran data serta tidak dilakukannya penyimpanan data kependudukan.

Dengan demikian seluruh lembaga pengguna selain mematuhi semua peraturan perundang-undangan (rule of law), mereka telah mematuhi ketentuan yang terkait dengan hak privasi atau hak privat masyarakat terkait dengan perlindungan rahasia data pribadi.


Maka, hal yang harus dipahami di sini adalah Kemendagri tidak memberikan data kependudukan kepada lembaga pengguna melainkan hanya memberikan hak akses untuk verifikasi data. Untuk gambaran lebih jelasnya Anda bisa melihat proses verifikasi dilakukan di bawah ini.


Bagaimana Pemanfaatan Verifikasi Data Dilakukan?

Melalui Platform Bersama akan diberikan akses yang memungkinkan untuk dilakukannya verifikasi kesesuaian atau ketidaksesuaian antara data-data yang diberikan seorang penduduk.


Misalnya seorang penduduk bernama Anggun ingin daftar menjadi nasabah pada layanan keuangan tertentu secara online. Anggun memberikan data dirinya berupa NIK, Nama, Tempat Lahir dan Tanggal/Bulan/Tahun lahir dan sebagainya (yang disyaratkan oleh perusahaan tsb) kepada layanan keuangan yang mungkin bekerja sama dengan memanfaatkan produk IdentifAI.


Data diri Anggun tersebut kemudian dilakukan verifikasi oleh IdentifAI dengan database kependudukan Kemendagri. Dari proses verifikasi yang super cepat oleh IdentifAI ditunjang data Kemendagri, layanan keuangan akan dapat menentukan mana yang “Sesuai” atau ”Tidak Sesuai”.


Platform Bersama Untuk Fintech dan Asuransi

Penyedia layanan jasa keuangan, seperti fintech dan asuransi, dapat diuntungkan dengan pemanfaatan platform bersama. Industri keuangan yang didorong bergerak ke arah electronic Know Your Customer (eKYC) akan merasakan manfaat untuk kemudahan akses layanan.


Verifikasi nasabah dapat dilakukan dengan cepat dan akurat melalui pemanfaatan akses ke platform bersama. Efisiensi waktu beriringan pula dengan efisiensi dalam proses, karena melalui pemanfaatan platform bersama bersama teknologi berbasis kecerdasan buatan, fintech dan layanan asuransi tidak lagi mengharuskan nasabahnya mempersiapkan dokumen-dokumen yang terkadang merepotkan nasabah.


Platform bersama juga memudahkan proses verifikasi untuk dapat dilakukan di mana saja. Nasabah tidak perlu lagi hadir secara langsung karena dapat ditelusuri langsung dengan pemanfaatan teknologi berbasis kecerdasan buatan. Verifikasi melalui platform bersama sendiri telah diatur dalam regulasi sehingga proses penelusuran yang dilakukan berdasarkan kepastian hukum.


Manfaat dan Tujuan Platform Bersama

Upaya yang dilakukan oleh Dukcapil dalam menyediakan Platform Bersama bertujuan meningkatkan keamanan dan perlindungan data, sehingga menghindari adanya fraud atau kecurangan. Hak akses NIK dan foto wajah dari Dukcapil melalui Platform Bersama mempermudah dan mempercepat proses e-KYC, validasi, dan verifikasi biometrik secara digital dalam waktu kurang dari 1 menit.


Oleh karena itu, kerjasama dalam Platrom Bersama berarti juga telah memungkinan e-KYC dilakukan agar bisnis tidak lagi melakukan verifikasi data secara manual. Mereka yang ingin menggunakan layanan keuangan misalnya tidak perlu lagi melakukan proses manual termasuk dalam hal pengisian formulir identitas, pencocokan KTP, dan sebagainya. Biasanya proses ini dilakukan secara tatap muka dan/atau pengguna harus mengunggah foto KTP dan selfie bersama KTP pada saat pendaftaran.


Kerjasama yang dijalin oleh Kementerian Dalam Negeri dalam Platform Bersama dilakukan dengan para mitra kerja terpercaya. Artinya, keamanan data tetap diutamakan dengan tidak diberikan ke sembarang pihak sehingga menurunkan risiko disalahgunakan oleh pihak lain.


Nodeflux adalah salah satu mitra Platform Bersama Dukcapil yang telah dinyatakan dalam Perjanjian Dukcapil No. 119/10842/DUKCAPIL. Validasi IdentifAI Dukcapil bertujuan untuk memvalidasi identitas biometrik wajah seseorang melalui Basis Data Identitas Nasional (Dukcapil) untuk memberikan performa terbaik dalam pemanfaatan data tanpa resiko keamanan.


Sistem yang dikerjakan Nodeflux melalui identifAI merupakan sistem terbaik dengan performa teknologi tercanggih untuk melakukan proses verifikasi data yang memungkinkan tanpa ada campur tangan manusia.IdentifAI dapat melakukan ini berkat teknologi mutakhir dan Perjanjian kami dengan Kementerian Dalam Negeri Indonesia yang mengawasi Database Kependudukan Nasional. Untuk informasi selengkapnya Anda bisa klik laman berikut ini.


5 views0 comments