top of page

Solusi Terbaik? Ketahui Apa Itu Aplikasi Pengenal Wajah

Diperbarui: 31 Agu 2022


aplikasi pengenal wajah

Aplikasi pengenal wajah adalah cara mempermudah bisnis agar dapat mengenali pelanggan yang berada di sekelilingnya. Aplikasi ini dapat membantu bisnis untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan dan memberikan pengalaman yang lebih baik. Aplikasi pengenal wajah juga dapat membantu bisnis untuk mengumpulkan data pelanggan, seperti nama, alamat dan nomor telepon.


Baca Juga: Apa itu Biometrik?


Cara Kerja Dasar Aplikasi Pengenal Wajah


Pada prinsipnya kerja aplikasi pengenal wajah adalah sebagai berikut:

  • Aplikasi memiliki sistem biometric yang akan mengolah gambar wajah dari pengguna dengan cara deteksi wajah.

  • Aplikasi akan mendeteksi wajah lalu menganalisis gambar untuk menentukan fitur wajah, seperti bentuk mata, hidung dan bibir.

  • Aplikasi melalui sistem pengenalan wajah akan membandingkan fitur-fitur wajah yang ada dalam database wajah yang tersimpan untuk mencari pasangan yang cocok.

  • Jika tidak ada pasangan yang cocok, maka aplikasi secara detail akan menyimpan fitur-fitur wajah pengguna sebagai data baru untuk dijadikan referensi data di masa mendatang.

  • Pengguna bisa langsung mengubah data apabila di masa depan terjadi perubahan di wajah pengguna, sesuai aturan yang diberlakukan pengelola atau operator aplikasi.

  • Wajah yang terdeteksi akan diolah sebagai data, sehinnga sistem dapat menampilkan gambar yang berisi data dari seseorang.


Siapa yang membutuhkan aplikasi pengenal wajah?


Teknologi pengenal wajah atau Face Match biasa digunakan untuk mengenali seseorang melalui gambar dengan menggunakan foto wajah. Sistem ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi orang yang telah teridentifikasi sebelumnya atau untuk melacak orang yang belum dikenal dalam sistem.


Aplikasi Face Match biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur seperti pencarian wajah, pengenalan pola wajah dan deteksi gerakan (motion detection). Pencarian wajah memungkinkan memberi kemudahan kepada pengguna untuk menemukan foto-foto individu berdasarkan kriteria tertentu, seperti usia, jenis kelamin atau ras.


Pengenalan pola wajah memungkinkan aplikasi untuk mendeteksi pola-pola tertentu dalam sebuah foto dan memberikan informasi tentang apakah pola itu unik atau tidak. Deteksi gerakan memungkinkan untuk aplikasi agar dapat mengenali gerakan seperti:

  • Mendeteksi gerakan tangan untuk memainkan musik atau untuk mengontrol perangkat.

  • Mendeteksi gerakan tubuh saat aktivitas olahraga seperti lari, bersepeda dan sebagainya.

  • Mendeteksi gerakan mata apakah pengguna sedang melihat perangkat atau tidak.

  • Mendeteksi ada pergerakan atau tidaknya di sebuah ruangan.

Baca juga:Bagaimana Meningkatkan Pengalaman Pelanggan Bank Digital Melalui Digital Onboarding


Manfaat penggunaan aplikasi pengenal wajah


Setelah mengetahui seperti apa aplikasi pengenal wajah, selanjutnya manfaat dari aplikasi pengenal wajah diantaranya adalah:


1. Dapat mengenali seseorang dengan cepat


Aplikasi pengenal wajah dapat membantu anda secara langsung untuk mengenali seseorang dengan cepat. Hal ini karena aplikasi pengenal wajah dapat mendeteksi gambar sebuah wajah dan memberikan informasi tentang orang tersebut. Selain itu, aplikasi pengenal wajah juga dapat memberikan informasi tentang seberapa sering seseorang muncul di media sosial.


2. Dapat mengetahui apakah seorang anak telah berubah


Anak-anak seringkali berubah paras wajahnya seiring bertambahnya usia mereka. Oleh karena itu, aplikasi pengenal wajah dapat membantu Anda untuk mengetahui apakah seorang anak wajahnya telah berubah atau tidak.


3. Dapat melihat data pelanggan yang telah teridentifikasi


Mengidentifikasi wajah dengan kamera yang sudah terintegrasi dengan aplikasi. Gambar yang ditangkap kamera hasilnya akan diolah melalui sistem aplikasi sehingga berubah menjadi sebuah data yang dapat disimpan dalam database aplikasi. Selain itu dapat juga mengamankan sistem dan menjaga privasi yang berisi data pelanggan.


4. Dapat menambahkan data pelanggan baru


Menginput data pelanggan baru ke dalam database secara otomatis, sehingga prosesnya memungkingkan bisa lebih cepat dan juga efektif. Pelanggan bisa langsung menginput data sendiri atau di bantu operator dari aplikasi.


5. Dapat untuk Menemukan Orang


Melalui gambar yang diunggah pada sistem perangkat akan memudahkan dalam pencarian orang. Sistem akan mencari wajah yang sesuai dengan gambar yang diunggah dalam sistem.


Penggunaan Aplikasi Pengenal Wajah untuk Bisnis


Selain sebagai aplikasi pengenal wajah, aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai:

  • Aplikasi untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan.

  • Aplikasi untuk membuka dan mengontrol akses masuk ke suatu tempat.

  • Aplikasi untuk mengontrol akses ke suatu data.

  • Aplikasi untuk pengamanan sistem data pelanggan.

  • Aplikasi untuk keamanan perangkat dalam bisnis.

Selain beberapa manfaat aplikasi pengenal wajah untuk bisnis, anda bisa mendapatkan solusinya lewat IdentifAI yang merupakan salah satu lini produk Nodeflux yang berupaya menghadirkan solusi berbasis AI sehingga memudahkan langkah anda dalam melakukan bisnis. Anda juga bisa menikmati kemudahannya disini, UJI COBA GRATIS

90 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page