top of page

OCR IdentifAI: Solusi Efisiensi Layanan Keuangan



OCR NPWP dari IdentifAI dapat membantu bisnis Anda mengembangakan proses layanan yang cepat dan praktis. Sering kali terjadi “kemacetan” dalam proses customer onboarding yang juga berarti dapat memberi lebih sedikit pendapatan untuk bisnis Anda. Oleh karena itu, diperlukan suatu solusi yang dapat mempercepat proses onboarding dalam meningkatkan pengalaman pelanggan sekaligus memberi keuntungan untuk bisnis.


Optical Character Recognition (OCR) menjadi salah teknologi yang mulai banyak digunakan untuk digitalisasi berbagai dokumen yang dipindai menjadi versi teks digital. Kemudahan yang diberikan oleh OCR menjadikannya digandrungi oleh semua bidang bisnis termasuk keuangan.


Mengenal OCR

OCR merupakan singkatan dari Optical Character Recognition yang mampu mengekstraksi data yang ada pada dokumen tertentu misalnya Nomor Peserta Wajib Pajak (NPWP), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Surat Izin Mengemudi (SIM). Dengan kemampuan tersebut, OCR telah mengurangi pekerjaan yang sebelumnya harus dilakukan secara manual.


Mendapatkan data dari dokumen dan memverifikasinya identitas orang tersebut merupakan prosedur yang memang harus dilakukan oleh perusahaan di berbagai industri, tidak terkecuali penyedia layanan keuangan. Dalam konteks lembaga keuangan atau perbankan, prosedur tersebut dikenal dengan istilah customer boarding. Perusahaan dapat melakukan verifikasi data melalui dokumen yang menunjukkan identitas nasabah baik itu KTP, NPWP, dan SIM.


Dengan solusi otomatis, bisnis Anda tidak perlu lagi membaca manual, verifikasi dokumen, atau entri data. Akibatnya, layanan keuangan hanya membutuhkan lebih sedikit usaha manusia dan mengurangi waktu penyelesaian.

OCR menjadi solusi cerdas mengekstrak, memverifikasi, dan menghimpun data hanya dalam beberapa detik. Setelah itu, data dapat diubah menjadi bentuk yang berharga yang dapat diteruskan untuk diproses lebih lanjut seperti verifikasi customer.


OCR IdentifAI vs Input dengan Cara Manual

Melakukan penghimpunan data secara manual sekarang ini tentulah bukan hal yang yang efisien. Pekerjaan manual sangat terbuka akan terjadinya error atau kesalahan input oleh manusia yang bisa jadi dapat merugikan bisnis Anda.


OCR NPWP Indonesia seperti yang disediakan IdentifAI misalnya dapat menjadi alternatif yang baik untuk mengekstrak data secara otomatis. Anda dapat menggunakan bukan hanya KTP untuk melakukan verifikasi, namun juga dapat menggunakan NPWP.


Pemanfaatan OCR NPWP Indonesia dapat menyederhanakan proses menjadi jauh lebih cepat, praktis sekaligus meningkatkan pengalaman pengguna. Berikut ini adalah ilustrasi yang bisa Anda bayangkan agar dapat dengan mudah tergambar perbandingan kualitas layanan yang memanfaatkan OCR IdentifAI dengan cara-cara tradisional.


Bayangkan terdapat seorang pelanggan yang ingin membuka rekening bank. Tanpa OCR IdentifAI, calon nasabah tersebut harus pergi dulu ke bank. Terkadang jarak tempat tinggal dengan kantor bank sendiri tidak dekat. Sesampainya di bank, calon nasabah harus mengantri dengan waktu yang lama sampai akhirnya dapat mengisi formulir yang disediakan oleh petugas bank. BAru setelahnya, petugas bank dapat menyalin informasi dan menginputnya secara manual agar rekening baru dapat dibuka.


OCR NPWP Indonesia dapat menjadi solusi cerdas yang menggantikan cara lama yang dapat dikatakan lebih lambat dan melelahkan. Belum lagi sangat mungkin terjadi kesalahan input yang dapat mempersulit layanan yang diterima. Bandingkan bila bank tersebut telah memanfaatkan OCR IdentifAI sebagai salah satu solusi cerdas dapat mengambil data yang di NPWP apabila KTP sedang tidak tersedia di jangkauan Anda.


OCR IdentifAI dapat membaca ragam dokumen yang berisi teks dan mengekstraknya secara otomatis. Software OCr telah mengambil alih proses manual saat membaca dan mengambil data pada dokumen seperti NPWP atau KTP saat pendaftaran di layanan keuangan atau perbankan.


Proses OCR NPWP Indonesia

Pemrosesan otomatis dokumen-dokumen seperti NPWP atau KTP dilakukan dengan sangat cepat. Lalu, bagaimana sebenarnya proses OCR?

OCR NPWP Indonesia oleh IdentifAI disampaikan dalam bentuk REST API dengan key technology. OCR NPWP nantinya kanan mendeteksi karakter pada tiap baris NPWP dengan basis model deep learning. Platform OCR-nya sendiri dioperasikan di Nodeflux Cloud.


Prosesnya sendiri secara sederhana dapat dibagi menjadi tiga tahapan: entri dokumen (misalnya NPWP atau KTP), identifikasi teks,dan ekstraksi data.


  • Entri Dokumen

Agar NPWP dapat dibaca, pelanggan atau calon nasabah akan diminta untuk mengunggah foto NPWP. Pemanfaatan teknologi OCR ini sendiri dapat digunakan di smartphone.


  • Identifikasi Dokumen

Berikutnya akan dilakukan image quality check di mana sistem sistem mengecek gambar sesuai yang diminta misalnya ukuran gambar, resolusi dan kualitas gambar. Setelah itu akan dilakukan penyelarasan posisi NPWP atau KTP dengan tampilan depan yang lurus untuk meningkatkan akurasi identifikasi teks.


  • Ekstraksi Data

Ektraksi foto NPWP dilakukan dengan proses character recognition. Setelah proses ini selesai, nantinya sistem client akan mendapatkan output respons berupa field data NPWP.


Bagaimana IdentifAI membantu otomatisasi proses bisnis Anda?

OCR IdentifAI menjadi solusi untuk layanan keuangan yang Anda sediakan mengekstrak data dan memverifikasi identitas seseorang, termasuk dengan KTP ataupun NPWP. Teknologi yang digunakan pun memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) dengan memberdayakan semua fitur yang diperlukan untuk pemeriksaan dalam Know Your Customer (KYC).


IdentifAI sebagai platform yang memanfaatkan penggunaan teknologi mutakhir ini telah mematuhi aturan yang ada di Indonesia. Lebih jauh dari itu, Nodeflux sebagai penyedia produk IdentifAI telah bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sehingga memungkikan dilakukannya digital onboarding yang cepat namun juga aman dan terpercaya.


Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang produk kami, Anda bisa merencanakan atau menghubungi kami. Kami akan dengan senang hati membantu Anda.


77 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page