top of page

Tingkatkan Pengalaman Pelanggan dengan OCR IdentifAI



OCR SIM IdentifAI adalah pengenalan karakter ketika seorang user melakukan verifikasi identitas. Optical Character Recognition (OCR) sendiri adalah teknologi yang mampu mengkonversi citra teks menjadi format teks yang dapat dibaca mesin. Sebagai contoh, apabila Anda memindai suatu dokumen misalnya SIM, komputer Anda akan mengolah pindaian tersebut sebagai suatu data teks.


Mengapa OCR Penting?

Sebagian besar alur kerja bisnis dulu melibatkan penerimaan informasi dari media cetak. Formulir kertas dan dokumen seperti kartu identitas seolah menjadi bagian tidak terpisahkan dari proses bisnis. Dokumen customer dalam jumlah yang besar yang terhimpun oleh perusahaan membutuhkan banyak waktu dan ruang agar dapat disimpan dan dikelola.


Oleh karena itu diperlukan cara untuk menghindari perusahaan dari situasi tersebut sekaligus memberi kepraktisan kepada pelanggan dalam menerima layanan. Salah satu jawabannyaadalah pemanfaatan OCR dalam proses identifikasi dan verifikasi customer Anda.


Optical Character Recognisition (OCR) merupakan suatu machine learning-based yang digunakan untuk mengekstrak informasi yang terdapat pada Kartu Tanda Penduduk (KTP), mengotomatiskan input data pribadi dan termasuk pengambilan foto identitas untuk peroses pencocokan. Oleh karena itu, OCR mampu mengidentifikasi teks dalam gambar digital menjadi teks. Fitur ini akan memudahkan karena tidak perlu lagi dilakukan pengetikan atau pengisian data secara manual. OCR menurunkan risiko kesalah informasi.


Teknologi OCR memecahkan masalah dengan mengonversi citra teks menjadi data teks yang dapat dianalisis oleh perangkat lunak yang digunakan dan diolah oleh Nodeflux untuk kecepatan verifikasi customer bisnis Anda. Anda kemudian dapat menggunakan data tersebut untuk melakukan analitik, menyederhanakan operasi, mengotomatiskan proses, dan meningkatkan produktivitas.


Proses Pemindaian OCR IdentifAI

Ketika proses pemindaian SIM melalui OCR, pengguna diperintahkan untuk mengunggah foto SIM yang kemudian akan dilakukan proses ekstraksi foto SIM yakni proses character recognition. Setelah proses tersebut klien akan mendapatkan output response berbentuk field data SIM.


  1. Pertama-tama dilakukan Image Requirement Check sebagai tahapan saat sistem mengecek gambar sesuai yang diminta misalnya ukuran gambar, resolusi dan kualitas gambar. Pada image size checking dipastikan bahwa KTP tidak lebih dari 2 MB. Sedangkan pada resolution size checking akan dipastikan bahwa KTP memiliki dimendi 300 x 400 px supaya teks dapat terlihat jelas dan dikenali.

  2. Selanjutnya, Penyelarasan KTP, SIM atau NPWP oleh sistem yang akan mendeteksi posisi KTP dan menyesuikan KTP dengan tampilan depan untuk meningkatkan pengenalan teks.

  3. Terakhir, Normalisasi dan Penyesuaian Template dengan identifikasi teks yang akan dikoreksi melalui normalisasi dan pencocokan template untuk memeriksa kemungkinan kata kunci yang cocok dengan database.


Manfaat dari OCR SIM

OCR SIM Indonesia oleh IdentifAI dapat membantu banyak proses dalam perusahaan Anda. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh:

  • Memperoleh Field Data

Bisnis dapat mengekstraksi dokumen misalnya seperti pada OCR SIM Indonesia memproses basis data teks secara otomatis yang dapat dimanfaatkan pula untuk perangkat lunak analitik data untuk pemrosesan pengetahuan lebih lanjut.

  • Meningkatkan Akurasi

OCR IdentifAI dirancang dengan algoritma yang mampu menganalisis dan mengekstrak informasi dengan akurasi hampir 100%. Dengan demikian, OCR IdentifAI telah memastikan diri untuk dapat terhindar dari kesalahan umum yang mungkin terjadi dalam pemrosesan dokumen

  • Efisiensi operasional

Anda dapat meningkatkan efisiensi dengan menggunakan perangkat lunak OCR untuk mengintegrasikan alur kerja dalam customer on boarding atau hal lainnya. Ekstraksi data yang ada dapat digunakan untuk analisis otomatis yang menghemat waktu yang diperlukan. OCR Sim Indonesia oleh IdentifAI untuk pemrosesan dokumen dan entri data manual.


Bisnis Anda tentunya tidak perlu lagi mencari dokumen yang diperlukan dengan menyortir file secara manual di dalam kotak atau berkas. Hal ini lantaran, OCR telah membantu melakukan proses verifikasi yang mudah bagi customer Anda, dengan cepat dan praktis.

  • Solusi Mutakhir

OCR sering menjadi bagian dari solusi kecerdasan buatan hasil dari perkembangan teknologi yang dapat diterapkan oleh bisnis. Teknologi kecerdasan buatan semacam itu membantu bisnis untuk membuat keputusan pemasaran dan operasional yang lebih baik yang dapat mengurangi pengeluaran serta meningkatkan pengalaman pelanggan.

Selain itu, dengan memanfaatkan OCR berarti Anda telah memastikan bisnis Anda lebih mengehmat kertas. Dengan menggunakan OCR, Anda telah membuat bisnis Anda mengandalkan sistem digital dalam pengolahan dokumen.


Bagaimana OCR IdentifAI Berkerja?

Nodeflux merupakan perusahaan yang mengandalkan machine learning (ML) dan mengintegrasikannya dengan OCR IdentifAI untuk dapat mengekstraksi teks dan menghimpun data secara otomatis dari dokumen yang dipindai. OCR IdentifAI sendiri dapat membaca beberapa dokumen yang berbeda seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).


OCR yang dimiliki oleh IdentifAI sendiri bekerja dengan akurat dan andal. Misalnya dalam hal ekstraksi data yang dilakukan oleh IdentifAI akurasinya mendekati 100%. Artinya Anda dapat yakin bahwa data yang diperlukan pada KTP merupakan data yang sebenar-benarnya.


Selain itu, OCR IdentifAI misalnya dapat membantu proses untuk memberikan output skor kepercayaan yang diidentifikasi sehingga Anda dapat menentukan keputusan yang tepat mengenai cara Anda dalam menggunakan hasilnya pada saat mengekstrak dokumen SIM.



27 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page