Kemudahan Verifikasi KTP Lewat Sistem Kerja Aplikasi


verifikasi id card

Dengan semakin berkembangnya teknologi verifikasi KTP semakin banyak pula utilisasinya untuk kebutuhan keamanan, keperluan bisnis, keperluan membuat sebuah akun dan banyak lainnya. Teknologi ini memang dapat memberikan banyak manfaat bagi penggunanya terutama bagi masyarakat. Silahkan simak beberapa keuntungan dan penggunaannya dalam pembahasan di bawah ini.


Teknologi Pengenal Wajah untuk Verifikasi Foto KTP


Karena menggunakan aplikasi pengenal wajah penggunaan e-KTP selain kegunaannya untuk kartu identitas masyarakat, bisa juga digunakan untuk beberapa fungsi sebagai alat pembayaran dan transaksi jual beli. Berdasarkan data pada tahun 2017, sebanyak 2,5 juta warga Bandung telah mendapatkan e-KTP. E-KTP ini bisa digunakan untuk pembayaran di beberapa tempat seperti bank, pln dan lainya,"


Sementara pada saat itu, Ketua Bidang Perwakilan DPD RI Jawa Barat Muhaimin Iskandar pernah mengatakan bahwa adanya penggunaan e-KTP akan semakin mempermudah masyarakat dalam bertransaksi. "Dengan adanya penggunaan e-KTP ini masyarakat akan lebih mudah dalam melakukan transaksi karena tidak perlu lagi membawa buku tabungan atau buku nikah sebagai identitas," tegasnya.


Bahkan di beberapa tahun terakhir dalam pendaftaran CPNS selain upload data secara online ada juga menggunakan sistem aplikasi pengenal wajah untuk unggah foto bagi pelamar yang harus menyertakan foto ktp dan swafoto sebagai syarat pendaftaran.


Penggunaan teknologi untuk verifikasi ktp contohnya dapat dilakukan oleh OCR KTP. Dimana OCR KTP ini bisa membaca data pada ktp yang digunakan oleh pengguna ketika mendaftar sebuah layanan di berbagai kebutuhan bidang. Teknologi OCR KTP merupakan salah satu teknologi yang digunakan oleh lini bisnis IdentifAI.


Pahami Keuntungan Menggunakan Teknologi Verifikasi KTP


Beberapa contoh keuntungan menggunakan fitur teknologi verifikasi ktp adalah sebagai berikut:


1. Dapat Meningkatkan Keamanan


Teknologi verifikasi ktp dapat memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan sistem manual. Karena teknologi ini dapat mendeteksi segala macam aktivitas yang tidak diinginkan dan memberikan peringatan segera ketika terjadi aktivitas yang tidak diinginkan.


2. Dapat Menghemat Waktu


Teknologi verifikasi ktp juga dapat menghemat waktu pengguna. Karena teknologi ini dapat melakukan verifikasi secara otomatis, sehingga dapat menghemat waktu dalam proses verifikasi foto atau verifikasi akun.


3. Dapat Mempercepat Pengisian Data


Dengan teknologi ini dapat memudahkan dalam pengisian data, seperti data pegawai, data konsumen, data transaksi dan sebagainya.


Baca juga: Solusi Terbaik? Ketahui Apa Itu Aplikasi Pengenal Wajah


Penggunaan E-KTP untuk Kebutuhan Masyarakat


Di negara Indonesia penggunaannya selain untuk kebutuhan pribadi banyak orang menggunakan e-KTP ini untuk beberapa kebutuhan. Sebagai identitas resmi seseorang, data e-ktp juga terdaftar di dukcapil sebagai informasi yang bisa dipergunakan untuk keperluan lain bagi setiap lapisan masyarakat.


Berbeda dengan KTP pada masanya yang ada masa berlakunya, saat ini e-ktp bisa berlaku untuk seumur hidup. Berikut beberapa contoh penggunaan e-ktp untuk keperluan masyarakat:

  • Pendaftaran program kartu prakerja

  • Pembuatan kartu keluarga

  • Keperluan melamar pekerjaan

  • Mendapatkan pinjaman

  • Keperluan melanjutkan kuliah

  • Membuat pasport

Setelah mengetahui beberapa manfaat hingga cara penggunaannya, verifikasi ktp ini bisa saja gagal dalam prosesnya sehingga jadi kurang maksimal dalam penggunaannya. Bisa saja karena pada saat awal pembuatan salah dalam penginputan data. Dalam skala nasional foto e-KTP untuk berhasil terverifikasi harus menggunakan data yang sebenarnya dan dapat digunakan untuk keperluan secara bijak.


Dari situlah IdentifAI hadir memberikan solusi untuk berbagai kebutuhan yang dapat memudahkan verifikasi ktp dengan penggunaan teknologinya.

88 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua