Customer Onboarding Untuk Kebutuhan Bisnis


Customer Onboarding Untuk Kebutuhan Bisnis

Dalam bisnis, memperkenalkan produk dan layanan yang ditawarkan kepada calon pelanggan merupakan hal yang wajib dilakukan untuk meningkatkan penjualan, hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Sebuah proses dimana mengenalkan pelanggan mengenai produk atau jasa, mendapatkan solusi, dan mudahnya melakukan transaksi hingga layanan after sales service-nya.


Mengenal Apa Itu Customer Onboarding?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pengertian Customer Onboarding adalah proses atau aktivitas untuk memperkenalkan pelanggan orientasi pelanggan kepada bisnis, produk atau jasa yang dimiliki perusahaan.


Baca Juga: Solusi Customer Onboarding


Contoh Customer Onboarding

Sudah banyak contoh dari Customer Onboarding yang sering muncul pada kehidupan kita sehari-hari, berikut adalah bentuk Customer Onboarding yang banyak dijumpai:

  • Formulir Pendaftaran

Sebagai proses mengenali calon pelanggan, mengisi formulir pendaftaran merupakan proses awal dalam customer journey yang biasa dilakukan.

  • Tutorial penggunaan produk dan jasa

Customer Onboarding tidak hanya untuk memperkenalkan produk kepada pelanggan, tetapi juga sebagai proses identifikasi atau mengenali konsumen yang biasa disebut dengan Know Your Customer atau KYC.


Macam-macam Tipe Customer Onboarding

Banyak sekali berbagai macam bisnis dan industri yang sudah menerapkan untuk membantu menurunkan tingkat customer retention agar tidak banyak pelanggan yang berhenti menggunakan produk atau jasa. Berikut merupakan bentuk-bentuk customer onboarding yang banyak ditemukan di Indonesia:


On-site Onboarding

Pada On-site Onboarding, calon pelanggan datang ke kantor dan menunjukan Identitas Fisik seperti KTP, SIM atau Paspor untuk dilakukan perekaman kedalam database.


Proses ini seperti saat pelanggan datang ke bank untuk membuka rekening, mengisi formulir dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan kemudian petugas bank akan memasukan informasi ke dalam database melalui sistem yang tersedia.


Semi-on-site Onboarding

Merupakan kombinasi antara On-site Onboarding Digital Onboarding (Hybrid). Proses ini membuat calon pelanggan dapat mengisi formulir pendaftaran dimanapun, namun harus datang ke kantor atau lokasi pelayanan untuk proses identifikasi.


Digital Onboarding

Calon pelanggan tidak perlu datang lagi ke kantor atau lokasi pelayanan, mereka dapat mengakses internet melalui website atau aplikasi yang disediakan untuk melakukan onboarding (pendaftaran dan identifikasi) tanpa harus datang langsung ke kantor. Sehingga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesan pelayanan yang cepat dan efisien.


Membangun Kepercayaan Melalui Keamanan Data Pelanggan

Keamanan data merupakan keberhasilan perusahaan dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan. Data pelanggan yang telah dihasilkan dari proses Onboarding seperti Video Identification, Foto, Tanda Tangan Digital dan data lainnya harus dapat disimpan dengan keamanan yang baik dan dapat diakses dengan mudah saat diperlukan dalam proses pengolahan data, identifikasi dan verifikasi lainnya.


Orientasi Pelanggan menggunakan Digital Onboarding dari IdentifAI memiliki sistem keamanan yang dapat dipercaya. IdentifAI melalui Nodeflux merupakan anggota Indonesia Fintech (AFTECH) pada kategori "Technology Enabler", selain itu kami memiliki sertifikasi NIST atau Implementasi XAI dalam passive liveness, serta ISO 27001 untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi sehingga bisnis Anda tidak perlu ragu untuk memilih kami. Konsultasikan kebutuhan Customer Onboarding bersama identifAI!


36 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua