Teknologi Biometrik: Penggunaan Data Digital untuk Verifikasi Identitas dan Keamanan Data Pribadi

Berkembangnya Aplikasi dalam dunia Teknologi, turut disertai dengan meningkatnya resiko keamanan data pribadi dan juga penyalahgunaan data secara Indvidual. Indonesia tidak terhindar dari resiko tersebut, berulang kali kebocoran data bahkan terjadi dalam aplikasi populer.


Sebagai usaha untuk meningkatkan sistem pengamanan data (biasa disebut Fraud Detection System), sebuah konsep verifikasi yang menggunakan identitas biologis sangat membantu karena data verifikasi sifatnya sangat pribadi, alat dan perangkat yang makin terjangkau, memiliki akurasi tinggi, hingga menghemat waktu dan tenaga yang melelahkan karena proses verifikasi yang panjang


Apa itu Biometrik ?

Autentikasi Biometrik adalah proses verifikasi identitas menggunakan teknologi biometrik. Sedangkan, biometrik adalah Sistem yang menggunakan data spesifik karakteristik fisik Individu dalam melakukan proses identifikasi dan keabsahan data. Data yang digunakan sangat beragam mulari dari ciri-ciri fisik atau perilaku manusia, seperti data sidik jari, pola wajah, tanda tangan, pola retina mata (iris), suara, bahkan hingga gaya berjalan.

Menurut Wikipedia, Kata Biometrik berasal dari kata Bios (mahluk hidup) dan Metros (mengukur). Konsep inilah yang digunakan dalam teknologi digital untuk keamanan data.


Saat ini, Verifikasi menggunakan teknologi biometrik bahkan sudah terhubung dengan akses identitas kependudukan melalui program yang dinamakan "Platform Bersama" . Bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri Indonesia yang mengawasi Database ID Nasional, kini sistem perusahan sudah mampu melakukan validasi identitas pelanggan dengan membandingkan selfie dengan kemiripan biometrik wajah dengan Data Dukcapil.


Bagaimana adopsi pasar terhadap teknologi ini ? Menurut studi yang di publikasikan dari HAL open science, perkembangan teknologi biometrik efektif melindungi data dan mengurangi kekuatiran isu data pribadi hingga 46.4%. Mayoritas reponden setuju bahwa teknologi berbasis biometrik lebih baik dibandingan penanggulangan fraud (kecurangan sistem) menggunakan kata sandi.


Perusahaan riset Accenture juga melakukan publikasi tentang adopsi biometrik dari survey yang dilakukan tahun 2014 dan menemukan 71% dari penduduk mendukung teknologi biometrik untuk identifikasi perjalanan antar negara.


Masalah Keamanan Data di Indonesia

Pada Maret 2020 lalu, masyarakat sempat diresahkan dengan berita terkait kebocoran data pengguna pada salah satu e-commerce unicorn di tanah air yaitu Tokopedia. Ada sebanyak 91 juta data pengguna pada aplikasi e-commerce Tokopedia yang diduga mengalami kebocoran (Bernie, Juli 2020). Peretas saat itu diduga berhasil mendapatkan dan menjual ID pengguna, email, nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor telepon, dan kata sandi yang masih di-hash atau dienkripsi.


Belum lagi dalam 2022 ini, masyarakat juga dikejutkan dengan unggahan 17 juta dala pelanggan PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang diduga bocor, walaupun hal ini telah dibantah oleh PLN melalui rilisnya


Kedua hal diatas adalah contoh dari beragam isu yang terjadi di Indonesia. Hal yang umum terjadi terkait keamanan data bisa diminimalisir dengan pengidentifikasian biometrik, karena:

  1. Tidak bergantung penuh pada keamanan kata sandi

  2. Verifikasi identitas biometrik membuat sistem membutuh kehadiran nyata fisik saat akses sistem

  3. Rekam biometrik bersifat untik dan tidak bisa dipindahkan


Keunggulan dan Hal yang harus diperhatikan dari implementasi Sistem Verifikasi Identitas Biometrik

Sistem verifikasi identitas menggunakan biometrik memiliki banyak keuntungan, namun juga terdapat hal yang harus diperhatikan dalam implementasinya

Keunggulan dan manfaat dari teknologi biometrik

  1. Verifikasi identitas yang akurat dan lebih aman dibandingkan dengan kata sandi

  2. Sistem verifikasi biometrik bersifat unik dan biasanya tidak berubah dalam jangka panjang dan tidak bisa dipindahkan

  3. Mengurangi pencurian identitas

  4. Verifikasi yang sangat mudah bagi pengguna yang tidak paham teknologi

  5. Teknologi telah mampu melakukan proses verifikasi menjadi sangat singkat


Beberapa hal yang perlu dipahami dalam penggunaan verifikasi identitas berbasis biometrik, adalah

  1. Kompleksitas dan Biaya dalam membuat membangun teknologi verifikasi identitas biometrik

  2. Database biometrik harus sangat dilindungi dan saat ini sangat menjadi incaran peretas (Hacker)

  3. Karena identitas biometrik yang melekat pada tubuh, maka saat kondisi fisik bermasalah, sistem identifikasi berbasis biometrik mungkin juga bermasalah, perlu disiapkan rencana cadangan

  4. Biometrik membutuhkan berbagai macam data sampel. Proses biometrik secara menyeluruh dalam prosesnya sering membuat ketidaknyamanan individu.

  5. Resiko salah dalam mendeteksi orang walaupun kecil masih mungkin terjadi

Cara Kerja Validasi Identitas Biometrik

Sistem verifikasi identitas berbasis biometrik mulai menjadi populer di Indonesia mulai dari sistem keamanan publik, aplikasi penjualan, hinggak produk elektronik. Mengganti penggunaan password dengan akses ke sistem secara otomatis menggunakan karakteristik tubuh merupakan kenyamanan normal baru bagi pengguna.


Komponen dalam menerapkan sistem verifikasi identitas biometrik membutuhkan

  1. Alat pembaca (Scanning device) untuk membaca data biometrik, bisa berupa foto wajah, sidik jari, dan lain sebagainya

  2. Aplikasi untuk mengkonversi data biometrik dalam format digital dan untuk membandingkan data yang diambil dengan data yang disimpan

  3. Komputer dengan basis data terpusat (data center) untuk menyimpan data

Implementasi dari sistem biometrik dalam kehidupan sehari-hari

Absensi dan Akses Sistem

Ini adalah penerapan otentikasi biometrik yang paling populer digunakan. Mulai dari penggunaan sidik jari sebagai akses menuju ruang kantor, absensi kehadiran, hingga deteksi wajah dan retina mata untuk akses dalam ruangan dan aktivitas yang membutuhkan keamanan tingkat tinggi.


Pendaftaran Aplikasi Komersil

Aplikasi publik maupun komersil yang membutuhkan penerapam EKYC (Know Your Customer), seperti pembukaan rekening bank dan sistem keamanan identitas digital. Bank digital saat ini banyak menerapkan sistem biometrik berbasis wajah dan ini memungkinkan pembukaan rekening yang sifatnya instan.


Akses Kependudukan dan Imigrasi

Untuk penduduk dengan mobilitas tinggi atau travel antar negara, identifikasi biometrik sangat membantu dalam pelacakan dengan cepat dan praktis.


Pelayanan Kesehatan

Karena teknologi verifikasi yang menggunakan identitas biometrik melekat seumur hidup, maka akses rekam jejak kesehatan akan menjadi sangat bisa diandalkan dan terintegrasi.


Penegak Hukum dan Militer

Dalam proses penegakan hukum, banyak sekali kasus di Indonesia yang terselesaikan dengan cepat melalui teknologi biometrik saat seseorang tertangkap kamera.


IndentifAI dan pemanfaatan biometrik bagi Bisnis di Indonesia

Sebagai perusahaan yang menyediakan teknologi verifikasi identitas dengan menggunakan biometrik, saat ini Identifai membantu bisnis dalam


Akses Platform Bersama

Memungkinkan perusahaan melakukan verifikasi identitas menggunakan teknologi biometrik yang langsung terhubung dengan "Platform Bersama" Dukcapil. Validasi IdentifAI Dukcapil bertujuan untuk memvalidasi identitas biometrik wajah seseorang melalui Basis Data Identitas Nasional (Dukcapil)


Face Search

Teknologi Face Liveness Detection (Deteksi Keaktifan Wajah secara realtime) yang dikembangkan identifAI mempu memberikan rekomendasi menerima keberadaan manusia nyata dan menolak objek spoff terutama object benda mati yang menyerupai wajah, seperti video replay, topik, atau foto yang dicetak


Pengenalan karakter optik (OCR) pada kartu identitas

Pengecekan Kartu Identitas Penduduk (KTP) menjadi mudah dengan bantuan teknologi IdentifAI. Teknologi yang dikembangkan, selain membaca karakter dalam KTP namun juga membandinkan foto KTP dengan data yang tersimpan dalam basis data identitas nasional


Mari Berdiskusi dengan Tim IdentifAI

Jika Anda membutuhkan proses verifikasi secara digital dalam aplikasi anda atau ingin mengoptimalkan manfaat dan keunggulan dari sistem berbasis identifikasi wajah, silahkan mengisi formulir konsultasi dan tim akan segera menghubungi anda untuk berdiskusi implementasi


Referensi:



646 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua