Mengenal “Know Your Customer” dan Kegunaannya

November 19, 2020
Mengenal “Know Your Customer” dan Kegunaannya

Familiar dengan istilah “Know Your Customer” ? atau yang lebih sering disebut dengan KYC. Kali ini Nodeflux akan membahas apa itu KYC serta manfaatnya, yuk telusuri lebih lanjut!

Apa itu Know Your Customer (KYC)?

Walaupun sering terdengar, tidak semua orang mengetahui apa itu KYC dan mengapa hal tersebut penting? Padahal KYC merupakan salah satu proses yang sangat penting bagi sektor usaha khususnya di bidang jasa keuangan. KYC merupakan serangkaian proses guna mengetahui dan memverifikasi pelanggan atau nasabah Anda. Proses ini dimulai dengan memverifikasi identitas klien baik sebelum atau selama memulai bisnis dengan mereka. Istilah ini sendiri sering digunakan pada bank ketika sedang memverifikasi identitas klien dan juga nasabahnya. 

Mengapa Know Your Customer (KYC) sangat Penting? 

Bank dan perusahaan dari semua ukuran biasanya telah memiliki proses KYC yang sangat baik. Lembaga perbankan, perusahaan kredit, dan lembaga asuransi semakin umum meminta pelanggan mereka memberikan informasi terperinci untuk memastikan bahwa mereka tidak terlibat dalam korupsi, penyuapan, pencucian uang, ataupun kriminalitas lainya.

Kebijakan KYC telah berkembang selama beberapa waktu dan menjadi sangat penting dalam ranah domestik maupun global. Maraknya isu-isu yang berkaitan dengan korupsi, pendanaan terorisme, dan pencucian uang, kebijakan KYC kini telah berkembang menjadi proses penting untuk memerangi transaksi ilegal di berbagai bidang keuangan internasional.

KYC memungkinkan perusahaan untuk melindungi diri mereka sendiri dengan memastikan bahwa mereka menjalankan bisnis secara legal dan dengan entitas yang sah, dan juga melindungi individu yang mungkin dirugikan oleh kejahatan finansial.

Apa Saja Proses Know Your Customer (KYC)?

Banyak lembaga keuangan memulai prosedur KYC hanya dengan mengumpulkan data dan informasi dasar tentang pelanggan mereka, idealnya menggunakan verifikasi identitas elektronik. Beberapa negara menyebutnya sebagai "Program Identifikasi Pelanggan". Potongan informasi seperti nama, nomor jaminan sosial, tanggal kelahiran, dan alamat bisa sangat berguna saat menentukan apakah seseorang terlibat dalam kejahatan keuangan atau tidak.

Setelah data pribadi tersebut dikumpulkan, bank biasanya membandingkannya dengan daftar individu yang diketahui melakukan korupsi, dalam daftar hitam, dicurigai terlibat dalam kejahatan, atau berisiko tinggi, terlibat dalam suap atau pencucian uang. Lembaga keuangan juga melihat daftar Politically Exposed Persons, atau PEPs.

Dari sana, bank kemudian menghitung seberapa besar risiko yang dihadapi klien mereka dan seberapa besar kemungkinan mereka terlibat dalam aktivitas korup atau ilegal. Setelah kalkulasi ini dilakukan, bank dapat membuat garis besar teoritis tentang seperti apa rekening klien itu dalam waktu dekat. Setelah jalur akun yang diharapkan sudah siap, bank kemudian dapat secara konsisten memantau aktivitas akun klien dan memastikan tidak ada yang tampak tidak pada tempatnya atau mencurigakan.

Melakukan hal ini untuk satu individu juga memungkinkan lembaga keuangan membandingkan profil klien tersebut dengan profil rekan-rekannya. Jika sebuah bank memiliki dua klien yang memiliki pekerjaan dan latar belakang yang sangat mirip, dan mereka dikenal sering berinteraksi di bidangnya masing-masing, diasumsikan bahwa rekening mereka akan terlihat agak mirip.

Apa Saja Kegunaan Know Your Customer (KYC)?

Tidak dapat diragukan lagi bahwa ia memiliki banyak manfaat seperti berikut ini:

  • Memastikan bahwa semua transaksi moneter sah dan transparan.
  • Komponen krusial dalam AML (Anti Money Laundry), yang dimana dapat mengantisipasi kegiatan seperti pencucian uang, penyuapan, penipuan, dll. 
  • Salah satu keuntungan terbesar KYC adalah berhasil membangun kredibilitas pelanggan.
  • KYC juga menjadi kabar baik bagi investor dan aset mereka. Jika Anda telah menyelesaikan proses KYC Anda, yakinlah bahwa tidak ada orang lain selain Anda yang dapat mengakses aset Anda dan menggunakannya. Sejak itu, otoritas sudah memiliki semua detail yang Anda butuhkan; sulit menjangkau mereka melalui cara ilegal apa pun.

KYC merupakan hal yang penting dan telah menjadi salah satu persyaratan utama dalam semua produk yang bersangkutan dengan keuangan. KYC sendiri dilakukan tidak hanya untuk melindungi perusahaan tapi juga menghindari pengguna dari kejahatan serta kemungkinan konsekuensi hukum yang berlaku. Ditambah lagi dengan pesatnya perkembangan teknologi, fitur KYC mengalami banyak pengalihan ke arah digital atau yang sering disebut e-KYC (Electronic Know Your Customer). Untuk mempelajari lebih lanjut tentang eKYC IdentifAI dan berdiskusi dengan tim kami, silahkan untuk menuju tautan berikut https://go.nodeflux.io/IdentifAI